Balai KSDA Yogyakarta telah melaksanakan patroli pendaratan penyu di Pantai Pelangi (17-20/05/2023 dan 02-03/06/2023) dan Pantai Goa Cemara, Bantul (10-11/06/2023). Petugas memulai patroli pada pukul 21.00 WIB dengan menyisir sepanjang pantai melibatkan relawan pelestari penyu Pantai Pelangi dan Sakwanabakti Bantul. Selain itu, tim mewawancarai pemancing yang berada di sekitar lokasi dengan menanyakan keberadaan penyu yang mendarat ataupun penyu yang sudah mati sekaligus menentukan titik kordinat lokasi penguburannya.

Kamis (18/05/2023) sekitar pukul 01.40 WIB, tim menemukan adanya penyu Lekang (Lepidochelys olivacea) yang sedang menutup telurnya di pantai ujung landasan pacu. Pengamatan penyu dilakukan dengan mengambil jarak dan meminimkan cahaya sehingga tidak mengganggu kegiatan penyu. Sekitar pukul 02.00 WIB penyu sudah berjalan kembali ke laut dan tim kemudian menggali lokasi tersebut. Namun tim tidak menemukan telur penyu sehingga diyakini kegiatan tadi merupakan kamuflase yang dilakukan oleh penyu.

Sekitar pukul 06.00 WIB tim patroli melakukan pengecekan bersama Sarwidi, pelestari penyu Pantai Pelangi, ke lokasi penyu yang mendarat dan menutup lokasi yang terduga klamuflase. Setelah dilakukan penggalian, tim berhasil mengevakuasi telur penyu sejumlah 106 butir ke lokasi penetasan telur penyu di Pantai Pelangi.

Pada saat patroli pada tanggal 19 dan 20 Mei dan 2, 3 dan 10 ,11 Juni 2023, tim tidak menemukan adanya pendaratan penyu di kedua Pantai. Berdasarkan informasi yang didapat dari relawan, masih harus dilakukan pengamanan telur penyu dari tempat pendaratan ke tempat semi alami sampai telur menetas. Hal ini untuk menghindari resiko kegagalan penetasan jika telur tetap di sarang alaminya, seperti pengambilan oleh masyarakat yang mencari telur ataupun kerusakan akibat aktivitas pariwisata.

 

Sumber informasi: Tim Patroli Penyu SKW II Bantul

Penulis naskah: Nur Surantiwi, S.Hut (Penyuluh Kehutanan Balai KSDA Yogyakarta)

Penanggung jawab berita: Kepala Balai KSDA Yogyakarta

Kontak informasi: Call center Balai KSDA Yogyakarta (0821-4444-9449)