Balai KSDA Yogyakarta merupakan salah satu Unit Pelaksanaan Teknis Konservasi Sumber Daya Alam, yang merupakan organisasi pelaksana teknis dibidang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistem yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan RI Nomor P.8/Menlhk/Setjen/OTL.0/1/2016, Balai Konservasi Sumber Daya Alam Yogyakarta termasuk dalam Unit Pelaksana teknis Konservasi Sumber daya Alam Tipe B, sebagai berikut:

a. Jabatan Struktural terdiri dari :

1. Kepala Balai, mempunyai tugas melaksanakan kebijakan, koordinasi, bimbingan teknis dan pelaksanaan administrasi dalam rangka penyelenggaraan konservasi sumber daya alam dan ekosistemnya di cagar alam, suaka margasatwa, taman wisata alam dan taman buru serta koordinasi teknis pengelolaan taman hutan raya dan kawasan ekosistem essensial berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Jabatan di bawahnya adalah Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Kepala Seksi Konservasi Wilayah serta Kelompok Jabatan fungsional.

2. Kepala Sub Bagian Tata Usaha, mempunyai tugas melaksanakan penyusunan rencana pengelolaan, rencana program dan anggaran, kerjasama serta kemitraan, urusan administrasi tata persuratan, pelayanan perizinan, pelaksanaan pelayanan promosi dan pemasaran, ketatalaksanaan, kepegawaian, keuangan, perlengkapan, kearsipan dan rumah tangga, pengelolaan data, pemantauan, evaluasi, pelaporan serta kehumasan.

3. Kepala Seksi Konservasi Wilayah, mempunyai tugas melaksanakan kegiatan inventarisasi potensi, penataan kawasan, pengelolaan Cagar Alam, Suaka Margasatwa, Taman Wisata Alam dan Taman Buru, perlindungan dan pengamanan, pengendalian kebakaran hutan di Cagar Alam, Suaka Margasatwa, Taman Wisata Alam dan Taman Buru, evaluasi kesesuaian fungsi, pemulihan ekosistem, penutupan kawasan, pengendalian dan pemanfaatan jenis tumbuhan dan satwa liar, pengembangan dan pemanfaatan jasa lingkungan, penyuluhan, bina cinta alam dan pemberdayaan masyarakat di dalam dan sekitar kawasan.

b. Jabatan Fungsional Tertentu

Jabatan Fungsional tertentu terdiri dari jabatan fungsional Perencana, Pengendali Ekosistem Hutan (PEH), Polisi Kehutanan (POLHUT) dan Penyuluh Kehutanan dimana masing-masing jabatan fungsional dikoordinasikan oleh seorang Ketua Kelompok/Koordinator yang ditetapkan oleh Kepala Balai. Tenaga Fungsional, mempunyai tugas melakukan kegiatan sesuai dengan jabatan fungsional masing-masing berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

c. Jabatan Fungsional Umum, 

Jabatan fungsioanl umum ditempati pegawai di bawah Kepala Seksi/Sub Bagian, memiliki tugas pokok dan fungsi masing-masing.

 

Wilayah Kerja

Wilayah kerja Balai KSDA Yogyakarta mencakup seluruh wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta / DIY dengan luas 3.185,80 km², meliputi 4 (empat) Kabupaten dan 1 (satu) Kota, yaitu:

1. Kota Yogyakarta

2. Kabupaten Sleman

3. Kabupaten Kulonprogo

4. Kabupaten Bantul dan

5. Kabupaten Gunungkidul

 

Sementara itu Kawasan konservasi yang pengelolaannya menjadi tanggung jawab Balai KSDA Yogyakarta adalah seluas 632,730 ha meliputi :

1. Cagar Alam (CA) seluas 11,837 ha yang terdiri dari CA Imogiri di Kabupaten Bantul dan CA Batu Gamping di Kabupaten Sleman.

2. Suaka Margasatwa (SM) seluas 619,824 ha yang terdiri dari SM Sermo di Kabupaten  Kulonprogo dan SM Paliyan di Kabupaten Gunungkidul

3. Taman Wisata Alam Gunung Gamping seluas 1,069 ha di Kabupaten Sleman.

 

Dalam menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi Balai KSDA Yogyakarta, telah ditetapkan 5 Resort yang membantu pelaksanaan tugas Seksi Konservasi Wilayah Balai KSDA Yogyakarta, sebagai berikut :

 

Seksi Konservasi Wilayah

Resort KONSERVASI WILAYAH (RKW)

Lokasi

SKW I

Resort Konservasi Wilayah  Sleman dan Kota Yogyakarta

Ambarketawang, Gamping, Sleman

Resort Konservasi Wilayah  Kulonprogo

Sentolo, Kulonprogo

SKW II

Resort Konservasi Wilayah  Bantul

Wukirsari, Imogiri, Bantul

Resort Konservasi Wilayah  Gunungkidul

Siyono Tengah, Playen, Gunungkidul

Resort Konservasi SM Paliyan

Karangasem, Paliyan, Gunungkidul