Pada hari Rabu (31/05/2023), Resort Konservasi Wilayah (RKW) Kulon Progo dan RKW Bantul menyampaikan paparan terkait pengelolaan resort. Dihadiri oleh Kepala Balai KSDA Yogyakarta, Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Kepala Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I, Kepala SKW II, Koordinator Bagian dan Urusan serta  anggota RKW Bantul dan RKW Kulon Progo pemaparan ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran potensi dan tantangan sehingga dapat menjadi acuan dalam kebijakan pengelolaan selanjutnya.

Dalam paparannya, Kepala Resort Kulon Progo menyampaikan mengenai Potensi In-situ Suaka Margasatwa Sermo dan Cagar Alam Imogiri untuk RKW Bantul serta potensi keanekaragaman hayati di luar kawasan konservasi, mitra-mitra terkait, dan kegiatan peredaran tumbuhan dan satwa liar di DIY.

Pada kesempatan ini, Kepala Balai KSDA Yogyakarta, Lukita Awang Nistyantara, S.Hut. M.Si, menyampaikan, “Kita sudah melakukan kegiatan berbasis tapak RBM (Resort Base Management), tetapi masih perlu perbaikan dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Penggunaan aplikasi akan mempermudah kita dalam melaksanakan RBM.”.

Acara dilanjutkan dengan sosialisasi oleh Kepala SKW I terkait penggunaan aplikasi untuk pencatatan data perjumpaan flora fauna; laporan kegiatan pegawai; serta pembuatan laporan perjalanan dinas. Aplikasi ini telah diujicobakan di wilayah SKW I. Kepala Balai berpesan agar ke depan aplikasi ini dapat digunakan oleh seluruh wilayah di Balai KSDA Yogyakarta.

 

Sumber informasi: Siti Markhamah (Pengendali Ekosistem Hutan Balai KSDA Yogyakarta)

Penulis Naskah: Siti Markhamah (Pengendali Ekosistem Hutan Balai KSDA Yogyakarta)

Penanggung jawab berita: Kepala Balai KSDA Yogyakarta - Lukita Awang Nistyantara

Kontak informasi: Call center Balai KSDA Yogyakarta (0821-4444-9449)