Bantul, 10 Mei 2023. Berpetualang salah satu sarana pembelajaran yang menarik minat generasi muda. Sejumlah 77 anggota Pramuka yang tergabung dalam Perkemahan Diksar Calon Anggota Saka Wanabakti Kwartir Cabang Bantul di Selopamioro Adventure Park, Kabupaten Bantul melanjutkan kegiatan perkemahan pada hari kedua, Sabtu 6 Mei 2023. Berbekal peta yang telah disiapkan oleh Dewan Saka dan Pamong Saka, peserta melakukan penjelajahan sesuai jalur yang telah ditentukan sekaligus mengenal materi Krida Reksa Wana yang meliputi konservasi kawasan, konservasi jenis satwa, hingga konservasi jenis tumbuhan.

Dipandu oleh Kak Wajudi,S.Hut selaku Pimpinan Saka Wanabakti Kwarcab Bantul bersama para instruktur dari Balai KSDA Yogyakarta, penjelajahan pagi diawali dengan birdwatching  (pengamatan burung) sekaligus pengenalan satwa liar pada rute penjelajahan. Peserta dikenalkan metode inventarisasi satwa liar serta cara identifikasi satwa liar secara sederhana berdasarkan ciri-ciri yang ada. Petualangan masih berlanjut. Peserta menuju pos Pengenalan Pohon, peserta diajak untuk mengenali ciri-ciri pohon agar dapat membedakan jenis-jenis pohon dari morfologinya. Tak lupa peserta dikenalkan jenis-jenis tumbuhan dilindungi melalui kuis yang seru.

Pada pos berikutnya peserta diajak untuk mengenal alat navigasi GPS. Peserta diajak untuk mengenal fitur-fitur yang ada di GPS serta praktek menggunakan GPS untuk menentukan titik koordinat, menggunakan Kompas dan menentukan ketinggian.

Salah satu hal yang menarik dari kegiatan ini, selama penjelajahan peserta tidak diperkenankan membawa bekal makanan. Kebutuhan makanan dipenuhi dengan survival, menyiapkan bahan makanan di lokasi penjelajahan. Peserta juga diberikan materi mountaineering dan praktek rapling. Kegiatan pada hari kedua diakhiri dengan malam keakraban yang berlangsung meriah dengan api unggun, reviu kegiatan dan pembagian doorprize.

 

Sumber informasi: Dwi Nuryan Dani (PEH Balai KSDA Yogyakarta)

Penulis naskah: Dwi Nuryan Dani (PEH Balai KSDA Yogyakarta)

Penanggung jawab berita: Kepala Balai KSDA Yogyakarta

Kontak informasi: Call center Balai KSDA Yogyakarta (0821-4444-9449)