Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai KSDA Yogyakarta– Endarmiyati, S.Si, M.Sc yang baru saja bergabung dengan Balai KSDA Yogyakarta awal November yang lalu, berkesempatan mengunjungi Kelompok Tani Hutan Binaan Balai KSDA Yogyakarta yang ada di sekitar kawasan Suaka Margasatwa (SM) Sermo, hari Rabu (23/11/22).
Sebelum berkunjung ke KTH Manunggal Karya dan KTH Raket Manunggal, Bu Endar, beliau biasa disapa, terlebih dahulu mengunjungi kawasan Cagar Alam (CA) dan Taman Wisata Alam (TWA) Batu Gamping di Ambarketawang, Sleman. Di kawasan CA dan TWA Batu Gamping, Bu Endar berkeliling kawasan dan melihat langsung Batu Gamping yang merupakan situs peninggalan jaman eosin sekitar 50 juta tahun yang lalu, serta meninjau sarana prasarana yang ada di dalam kawasan yang biasa dimanfaatkan untuk kegiatan berkemah seperti pendopo, mushola, toilet dan areal untuk berkemah. Seusai berkunjung di kawasan CA/TWA Batu Gamping, perjalanan dilanjutkan ke kantor Resort Konservasi Wilayah (RKW) Kulon Progo yang ada di Sentolo untuk singgah sebentar.


Dari RKW Kulon Progo, Bu Endar dan tim bergerak menuju KTH Manunggal Karya untuk memantau penggunaan bantuan yang diterima oleh KTH ini. KTH Manunggal Karya merupakan salah satu KTH  penerima fasilitasi bantuan dari Balai KSDA Yogyakarta. Dari hasil diskusi di dengan Ari – Ketua KTH Manunggal Karya, diketahui bahwa bantuan pemberdayaan masyarakat yang diterima KTH Manunggal Karya dimanfaatkan untuk mendukung budidaya madu klanceng, renovasi mini outlet dan budidaya empon-empon serta penambahan bibit dan pakan lebah klanceng. Di sela-sela diskusi, Ari juga menyampaikan bahwa KTH Manunggal Karya pada tanggal 25 – 27 November 2022, akan mengikuti pameran di Lippo Plaza. Pada pameran tersebut, KTH Manunggal Karya akan menampilkan produk-produknya yang diberi nama Crispa dalam berbagai varian rasa (original, gula manis dan jahe). 

Menutup kunjungan ke KTH Binaan Balai KSDA Yogyakarta di Kulon Progo, Bu Endar dan Tim mengunjungi satu lagi KTH Binaan Balai KSDA Yogyakarta yakni Raket Manunggal. KTH ini juga mendapatkan fasilitasi bantuan dari Balai KSDA Yogyakarta. Fasilitasi bantuan yang diterima KTH Raket Manunggal digunakan untuk pembelian bahan dan alat pembuatan keripik jamur dan peyek. 



Sumber informasi: 
Anik Kusumaningsih (Analis Data Balai KSDA Yogyakarta)
Penanggung jawab berita: 
Kepala Balai KSDA Yogyakarta- Muhammad Wahyudi (HP 0852-4401-2365)
Kontak informasi: 
Call center Balai KSDA Yogyakarta (0821-4444-9449)