Reformasi Birokrasi merupakan salah satu langkah awal dalam penataan sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif, dan efisien sehingga diharapkan dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat dan profesional. Untuk mewujudkan pembangunan reformasi birokrasi secara konkret di masing-masing unit kerja, selanjutnya dikembangkan pembangunan Zona Integritas (ZI) sebagai pilot projectnya.
Untuk mendorong pembangunan ZI di Balai KSDA Yogyakarta, dari Bagian Keuangan Kepegawaian dan Ortala Setditjen KSDAE melakukan Sosialisasi Kebijakan dan Implementasi Reformasi Birokrasi Lingkup LHK, hari Kamis (24/11/22). Bertempat di Ruang Aula Balai KSDA Yogyakarta, kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh para pegawai lingkup Sub Bagian Tata Usaha Balai KSDA Yogyakarta dengan menghadirkan narasumber dari Setditjen KSDAE – Hery Sopari, S.Hut, M.Si.


Saat sosialisasi ini disampaikan mengenai bagaimana implementasi Reformasi Birokrasi yang selama ini telah diterapkan di lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Untuk meningkatkan implementasi ZI di tingkat satker atau unit kerja bisa dilakukan melalui beberapa poin strategi yang meliputi : (1) Komitmen pimpinan, (2) Implementasi sampai unit kerja, (3) Pemilihan program yang mencapai sasaran reformasi birokrasi, (4) Manajemen Reformasi Birokrasi, dan (5) Manajemen Media.


Menindaklanjuti sosialisasi hari ini, Balai KSDA Yogyakarta akan melaksanakan langkah-langkah untuk  mendorong pelaksanaan ZI seperti pembuatan running text dan bentuk publikasi lain seperti pakta integritas yang dapat menjelaskan mengenai tugas masing-masing pegawai dalam mendukung pelaksanaan Reformasi Birokasi di Balai KSDA Yogyakarta. Disamping itu juga akan dilakukan pembiasaan budaya rajin mencatat dan rajin menulis terhadap apa yang dikerjakan dalam pelaksanaan tugas dan memberikan pelayanan kepada masyarakat, serta selanjutnya akan diusulkan untuk melakukan studi banding ke UPT lingkup Ditjen KSDAE yang menjadi nominasi satker dengan predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) seperti Balai TN Matalawa dan Balai TN Meru Betiri. 
 

Sumber: 
Balai KSDA Yogyakarta
Penanggung jawab: 
Kepala Balai KSDA Yogyakarta- Muhammad Wahyudi (HP 0852-4401-2365)
Kontak informasi: 
Call center Balai KSDA Yogyakarta (0821-4444-9449)