Festival Ular Indonesia diselenggarakan oleh Yayasan Sioux Indonesia, salah satu yayasan nirlaba yang bergerak di bidang edukasi dan penelitian tentang ular di Indonesia. Bertempat di Arei Jogja Flagship Jl. Kaliurang No.22 Karangwuni Caturtunggal Depok Sleman, Festival Ular ini diselenggarakan selama 3 (tiga) hari dari tanggal 21 hingga 23 November 2022.
Rangkaian acara festival juga diisi dengan pameran berbagai macam satwa reptil tidak dilindungi, edukasi serta sarasehan. Sebagai narasumber dari sarasehan ini perwakilan dari Balai KSDA Yogyakarta dan Balai TN Gunung Merapi. 


Untuk mengisi materi sarasehan tersebut, Kepala Balai KSDA Yogyakarta, M. Wahyudi menugaskan koordiantor PEH Balai KSDA Yogyakarta – Kusmardiastuti untuk hadir dan memberikan materi terkait regulasi satwa liar yang dilindungi dan tata usaha peredaran TSL dilindungi di Indonesia, khususnya jenis-jenis reptil yang dilindungi berdasarkan PermenLHK No. 106 tahun 2018. Materi tersebut diberikan pada hari Rabu sore (23/11/22). Sarasehan dilakukan secara hybrid dengan peserta berasal dari relawan Sioux dan umum.
Sesi diskusi pada sarasehan ini dimanfaatkan peserta untuk menggali informasi terkait tata cara penangkaran dan perdagangan satwa dilindungi melalui medsos. Menanggapi hal tersebut, Kusmardiastuti mempersilahkan peserta untuk menghubungi lebih lanjut ke Balai KSDA Yogyakarta. Kusmardiastuti juga mengingatkan agar peserta sarasehan yang merupakan generasi muda khususnya relawan Sioux dapat turut serta dalam kegiatan konservasi satwa liar.

Menanggapai pelaksanaan Festival Ular ini, M. Wahyudi berharap agar pelaksanaan festival dapat memberikan dorongan bagi generasi muda untuk lebih peduli terhadap konservasi satwa liar. “Generasi muda sebagai generasi penerus di masa mendatang, memegang peranan penting terhadap kelestarian tumbuhan, satwa dan ekosistemnya. Relawan Sioux yang memantapkan diri terhadap edukasi khususnya jenis reptil dapat diharapkan membawa dampak lebih besar untuk menanamkan kepedulian generasi muda terhadap upaya konservasi satwa, semoga komitmen mereka ini dapat terus dipertahankan”. tutup M. Wahyudi 

Sumber: 
Kusmardiastuti (PEH Balai KSDA Yogyakarta)
Penanggung jawab: 
Kepala Balai KSDA Yogyakarta- Muhammad Wahyudi (HP 0852-4401-2365)
Kontak informasi: 
Call center Balai KSDA Yogyakarta (0821-4444-9449)