Yogyakarta, 15 November 2022. Petugas Balai KSDA Yogyakarta kembali mengevakuasi penyu mati di kawasan Pantai Selatan, kali ini penyu mati ditemukan di Pantai Garongan, Panjantan, Kulon Progo.

Informasi awal diperoleh dari Sumaryanto, Babinpotmarposal Karangwuni Kulon Progo hari Senin malam (14/11/22) terkait penemuan 3 (tiga) ekor bangkai penyu. Keesokan paginya hari Selasa (15/11/22), personil Resort Konservasi Wilayah (RKW) Kulon Progo segera menindaklanjuti informasi tersebut.

Saat dilakukan pengecekan di lapangan, petugas melakukan identifikasi bangkai penyu dan diperoleh data penyu jenis penyu lekang (Lepidochelys olivacea) dengan kondisi telah mengalami pembusukan, sebagian karapas penyu sudah terkelupas dan dihinggapi belatung.

Selanjutnya bangkai penyu dikuburkan di areal Pantai Garongan oleh personil tim RKW Kulon Progo bersama-sama dengan TNI AL Pantai Congot, Sarlinmas Pantai Congot, Polairud Pantai Congot serta Polsek Panjatan.

Kepala Balai KSDA Yogyakarta, M. Wahyudi menyatakan keprihatinannya terhadap kejadian ini. “Ditemukannya kembali bangkai penyu di pesisir pantai selatan ini perlu menjadi perhatian kita bersama. Saya telah menugaskan Kepala Seksi Konservasi Wilayah 1 dan 2 untuk melakukan koordinasi dengan pihak terkait agar membantu identifikasi penyebab kematian penyu di pesisir pantai selatan ini" tegasnya. (hms)


Sumber informasi:
Purwanto (Polisi Kehutanan Balai KSDA Yogyakarta)
Penanggung jawab berita:
Kepala Balai KSDA Yogyakarta- Muhammad Wahyudi (HP 0852-4401-2365)
Kontak informasi:
Call center Balai KSDA Yogyakarta (0821-4444-9449)