Yogyakarta, 14 November 2022. Balai KSDA Yogyakarta serius melakukan pendampingan kelompok penerima fasilitasi bantuan dari Balai KSDA Yogyakarta. Kelompok Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kuncup Mekar yang berlokasi di Padukuhan Kepek, Kalurahan Kepek, Kapanewon Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, merupakan salah satu kelompok di sekitar Suaka Margasatwa Paliyan yang mendapatkan fasilitasi bantuan usaha ekonomi produktif dari Balai KSDA Yogyakarta di tahun 2022 sebesar Rp 40.000.000 (empat puluh juta rupiah). Pemberian bantuan yang dilakukan melalui mekanisme transfer ini diwujudkan oleh kelompok TBM Kuncup Mekar dengan pembuatan bangunan perpustakaan sebanyak 2 (dua) unit yang diberi nama Nakula dan Sadewa.


Dalam rangka pemantauan progress pembangunan dua unit perpustakaan tersebut, Kepala Balai KSDA Yogyakarta, M. Wahyudi didampingi Kepala Resort dan personil Resort Suaka Margasatwa Paliyan kunjungi TBM Kuncup Mekar, hari Jum’at (11/11/22).
Dari hasil pemantauan di lapangan, diketahui saat ini pekerjaan pembangunan dua unit perpustakaan Nakula Sadewa milik TBM Kuncup Mekar telah diselesaikan hingga 80%. Beberapa permasalahan yang ditemukan dalam proses penyelesaian bangunan ini seperti adanya cat dinding yang kurang dapat menempel dengan baik akibat kondisi hujan sehingga masih perlu pengecatan ulang. Selain itu untuk memberikan kesan lebih indah dan higienis, perlu dilakukan penataan ulang terkait dengan adanya kandang kambing yang berada di tengah - tengah lokasi kegiatan.


Saat kunjungan ke TBM Kuncup Mekar tersebut, M. Wahyudi menyampaikan harapannya atas pembangunan dua unit perpustakaan ini. “Melalui fasilitasi bantuan ini diharapkan TBM Kuncup Mekar dapat menjadi kepanjangan tangan BKSDA Yogyakarta dalam upaya penanaman jiwa konservasi dengan menumbuhkan minat baca bagi pelajar dan mahasiswa yang ada di daerah penyangga SM Paliyan. Selain itu juga dirasa perlu untuk melakukan penambahan buku-buku yang bermuatan konservasi untuk menambah wawasan di bidang konservasi.” kata M. Wahyudi.


Lebih lanjut, M. Wahyudi menyampaikan “Untuk dapat mengoptimalkan langkah TBM Kuncup Mekar dalam berkegiatan, sebaiknya TBM Kuncup Mekar dapat membuat proposal dan RAB kegiatan prioritas yang akan dilakukan di tahun-tahun mendatang.” jelas M. Wahyudi. (hms)

Sumber informasi:
Siti Rohimah – Kepala Resort SM Paliyan - Penyuluh Kehutanan BKSDA Yogyakarta
Penanggung jawab berita:
Kepala Balai KSDA Yogyakarta- Muhammad Wahyudi (HP 0852-4401-2365)
Kontak informasi:
Call center Balai KSDA Yogyakarta (0821-4444-9449)