Yogyakarta, 10 November 2022. Personil Seksi Konservasi Wilayah II BKSDA Yogyakarta dampingi tim dari Balai Gakkum Wilayah Jawa Bali Nusa Tenggara dan Petugas Teknis Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) DIY yang melakukan penghitungan ulang Kayu Sonokeling di halaman Kantor Seksi Konservasi Wilayah II BKSDA Yogyakarta di Bantul hari Jum’at (4/11/22).


Proses penghitungan dan pengukuran ulang Kayu Sonokeling ini dilakukan untuk membuktikan dengan kesesuaian data Dokumen Kayu Olahan (DKO) dan Dokumen Kayu Bulat (DKB) yang merupakan salah satu dokumen kelengkapan saat pengiriman kayu. Kegiatan penghitungan dan pengukuran ulang ini dilakukan sebagai rangkaian upaya penyelesaian kasus peredaran kayu sonokeling yang ditangani oleh Balai Gakkum Jawa Bali Nusa Tenggara. 


Kasus Kayu Sonokeling sitaan yang berada di Kantor SKW II bermula dari adanya pengiriman kayu yang menurut informasi pemiliknya berasal dari Lampung, akan tetapi petugas merasa janggal karena Pemerintah Lampung sedang menerapkan moratorium larangan pengeluaran kayu dari wilayahnya. Dengan dasar informasi tersebut, selanjutnya dilakukan laporan ke Gakkum dan ditindaklanjuti oleh Gakkum dengan proses penyidikan. 


Hasil penyidikan telah dituangkan dalam BAP, dan Gakkum juga telah melakukan koordinasi dengan pihak akademisi Fakultas Kehutanan UGM untuk memastikan apakah seluruh kayu yang disita merupakan jenis Sonokeling atau ada jenis lainnya. 
Kepala Balai KSDA Yogyakarta, M. Wahyudi menanggapi serius kasus peredaran Kayu Sonokeling yang disita tersebut. “Proses pengiriman kayu dari luar Yogyakarta ke Yogyakarta dan sebaliknya harus dilengkapi dengan dokumen pendukung yang sah. Ketidaksesuaian dokumen pendukung yang ada tersebut akan berpotensi terhadap terjadinya kasus pelanggaran bidang kehutanan. Saat ini kasus pengiriman Kayu Sonokeling yang kayunya di sita dan berada di SKW 2 sedang ditangani oleh Balai Gakkum Jawa Bali Nusa Tenggara. Saya minta agar teman-teman Balai KSDA Yogyakarta dapat pro aktif mendukung penuntasan kasus tersebut.” kata M. Wahyudi.

Sumber informasi: 
Hari Purnomo (Polisi Kehutanan Balai KSDA Yogyakarta)
Penanggung jawab berita: 
Kepala Balai KSDA Yogyakarta- Muhammad Wahyudi (HP 0852-4401-2365)
Kontak informasi: 
Call center Balai KSDA Yogyakarta (0821-4444-9449)